Belajar Digital Marketing Indihome Balikpapan

MEMULAI LANGKAH DI DUNIA DIGITAL MARKETING

Apa itu digital marketing?
Digital marketing adalah segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui media internet / Online.

Media online apa saja yang dapat digunakan, dan apakah itu harus berbayar?
Semua media online yang ada dapat dimanfaatkan sebagai wadah mempromosikan produk/jasa. Ada yang berbayar namun juga banyak yang gratis.

Fokus pembahasan kali ini adalah pemanfaatan media online gratis untuk memaksimalkan penjualan.



Sesederhana ini, namun hasilnya luar biasa !

1. Buat jejaring sosial dimana kitalah yang mewakili produk / jasa yang kita jual atau tawarkan.
2. Lengkapi dengan  kontak person yang dapat dihubungi, (sekarang sudah bisa langsung terhubung ke  aplikasi Whatsapp)
3. Rajin memposting apapun mengenai produk / jasa kita. Terutama update promo, keunggulan, dan fitur-futur dari produk kita.
4. Gunakan bahasa yang meyakinkan bahwa kita adalah benar-benar pegawai dari perusahaan yang menawarkan produk / jasa tersebut.
5. Fast Respon

Beberapa contoh media online gratis yang saya tekuni :

Facebook dan Halaman Facebook :


Instagram




Google Map : 

Peta Lokasi beserta Kontak Person yang dapat dihubungi.

Karena google Map adalah layanan langsung dari google maka rating pencariannya akan terindeks paling atas, bahkan diatas website sekalipun.



Namun perlu diingat, fitur map yang siapapun bisa melakukan editing jangan kemudian disalah gunakan untuk mengganggu lapak teman sendiri apa lagi sampai dihapus hanya karena takut bersaing. Buatlah lokasi map sendiri dengan disertakan kontak person masing-masing. Karena saya sendiri sudah mengalami, niat berbagi ilmu namun malah semua lokasi map yang saya bangun sekian lama dihapus oknum sales yang bersaing tidak sehat. Biarlah, Rezeky sudah Tuhan takar dan tidak akan tertukar, oleh karena itu saya berbagi ilmu, yang menurut rekan-rekan cocok silahkan diterapkan yang tidak cocok tidak perlu dipaksakan.


Blogger Blogspot

Layanan Blogger dari Google yang memberikan wadah untuk kita menulis artikel, postingan update informasi mengenai produk kita. Selain gratis, bloger juga memberikan banyak pilihan tampilan tamplate yang bagus. Kita seolah-olah memiliki sebuah website profesional. layanan ini gratis, silahkan daftar di www.blogger.com .

Seringlah membuat ulasan, update informasi, tapi perlu diketahui agar blog kita cepat naik di index pencarian google hindari copy paste artikel website lain, buatlah artikel original itu akan lebih cepat membuat blog kita naik di pencarian google.


Tanpa ada niat menggurui, sok jago, sok ahli atau sok-sokan yang lainnya. Dalam tulisan ini saya hanya ingin membagikan teknik digital marketing yang saya gunakan dan sudah saya praktekan sendiri. Bagaimana hasilnya? Sangat luar biasa!
Siapa tahu dapat menambah perolehan penjualan rekan-rekan sales IndiHome Balikpapan dengan memadukan teknik / cara konvensional (Dor to Dor, Open Tabel, Sebar Brosur, Tempel Setiker) dengan teknik modern (digital marketing).

Kita perlu pahami bersama, Dunia telah bertumbuh, teknologi semakin canggih, manusia sebagai pengguna teknologipun akan berusaha memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi tersebut. Contoh mudahnya ketika kita ingin membeli Smart Phone, kita akan mencari terlebih dahulu informasi atau reviewnya dari mulai harga, fitur apa saja yang dimiliki, kelebihan, dan kekurangan Smart Phone yang akan kita beli. Mencari informasinya melalui apa? Ya, bisa dipastikan zaman sekarang kita semua mencari informasi lewat media online, searching google, browsing di media-media sosial Facebook, Instagram, youtube.  Sebagai tenaga Sales kita juga harus mengikuti perkembangan zaman. Agar pelanggan mendapatkan informasi yang update dan benar  ketika mencari informasi mengenai produk kita, sertakan kontak Person kita agar pelanggan baik pelanggan lama yang mengalami masalah dapat segera dapat dibantu Follow up penanganan, maupun  calon  pelanggan baru yang ingin bertanya lebih detail mengenai produk kita sebelum memutuskan untuk membeli atau berlangganan, tugas kitalah untuk meyakinkan para calon-calon pelanggan ini.

Ketika kita mulai masuk dalam dunia Digital Marketing, kita harus sadar "Kita membawa nama Brand produk / perusahaan kita jadi harus selalu menjaga nama baik perusahaan dimata umum, dan tidak  semua yang menghubungi kita adalah calon pelanggan baru yang berminat dengan produk kita, setiap harinya akan banyak telepon / pesan / Chat / WhatsApp dari pelanggan-pelanggan lama yang mungkin mengalami gangguan atau kendala, atau hanya sekedar bertanya informasi"

Karena demi keberlangsungan perusahaan, bukan hanya penjualan saja yang penting namun After Sales Service juga menjadi hal yang krusial. Mari bersyukur atas pekerjaan kita, kurangi mengeluh 😊

Semangat Pagi, Bisa, Bisa, Pasti Bisa !

Salam - Andhika Dwi Putra Darussalam

Diskusi (2)

  1. Terimakasih gan sudah berbagi informasi dengan orang banyak. Jika anda ingin meningkatkan skill digital marketing anda, telah hadir Kursus Digital Marketing Pekanbaru untuk membantu anda menunjang skill anda

    BalasHapus
  2. Sangan berguna sekali ilmu nya. Izin niru min. Dan salam kenal baru mencoba belajar MDO

    BalasHapus